Cara Memperbaiki Error DOI Pada Open Journal System

DOI (Digital Object Identifier) adalah tanda pengenal permanen suatu objek digital. Seperti halnya KTP pada manusia, DOI menjadi identitas untuk para peneliti mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai suatu artikel.

Open Journal System (OJS) menyediakan 2 cara penomoran DOI pada tiap artikel yang diupload, yaitu otomatis dan manual. Otomatis dilakukan dengan melakukan setting pada laman Crossref Export/Registration Plugin, sedangkan manual dilakukan dengan cara submit XML artikel yang akan diberi nomor DOI pada laman DOI Crossref. Nanti akan saya beri penjelasan detail langkah-langkahnya.

Contoh error DOI pada salah satu artikel jurnal bisa dilihat pada gambar berikut:

el-hayah-toc el-hayah-doi-error

Pada contoh di atas, artikel yang diupload pada OJS telah mendapatkan nomor DOI, tetapi ketika nomor DOI tersebut diklik tidak mengarah ke laman artikel yang dituju. Hal itu terjadi karena penomoran DOI dilakukan secara otomatis tetapi username dan password yang diisikan pada laman Crossref Export/Registration Plugin salah. Yang terjadi selanjutnya adalah tiap artikel yang diupload akan mendapatkan nomor DOI tetapi nomor DOI tersebut tidak dikenali oleh Crossref sehingga ketika diklik tidak mengarah ke laman artikel yang benar.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya?.

Kita perlu melakukan 2 pembenahan. Yang pertama adalah memperbaiki setting penomoran otomatis DOI pada laman Crossref Export/Registration Plugin, dan yang kedua adalah submit XML artikel yang sudah terupload secara manual pada laman DOI Crossref dikarenakan cara otomatis tidak bisa dilakukan untuk artikel yang telah terupload. Berikut langkah-langkah detailnya.

1. Setting penomoran OJS secara otomatis

  1. Login sebagai Journal Manager
  2. Masuk ke laman Crossref Export/Registration Plugin (Home > User > Journal Manager > Import/Export Data > CrossRef Export/Registration Plugin)
  3. Silakan isi kolom-kolom isian yang tersedia sebagai berikut:
    • Depositor Name : Admin pengelola jurnal
    • Depositor Email : Email resmi yang digunakan untuk mengelola jurnal
    • Username : Username Crossref (bukan OJS)
    • Password : Password Crossref (bukan OJS)

Kesalahan pada pengisian username dan password Crossref inilah yang menyebabkan penomoran otomatis DOI menjadi error seperti kasus di atas. Jangan lupa centang pilihan “OJS will deposit article DOIs automatically to CrossRef as articles are published” kemudian klik tombol simpan.

el-hayah-crossref-plugin

Langkah pertama selesai dan nantinya tiap artikel baru yang diupload melalui OJS otomatis akan mendapatkan nomor DOI serta dikenali oleh Crossref sehingga tidak terjadi error seperti tadi.

2. Submit manual XML artikel yang sudah terupload pada laman DOI Crossref

  1. Login sebagai Journal Manager.
  2. Masuk ke laman Unregistered Article (Home > User > Journal Manager > Import/Export Data> CrossRef Export/Registration Plugin > Select unregistered Articles). Laman ini akan menampilkan artikel-artikel yang sudah terpublish dengan DOI tetapi nomor DOI tersebut tidak dikenali oleh Crossref.el-hayah-unregistered
  3. Klik tombol Export di bagian paling bawah laman.
  4. Buka laman Crossref pada alamat: https://doi.crossref.org/servlet/useragent
  5. Login menggunakan username dan password Crossref yang Anda miliki. Jika Anda tidak tahu akun loginnya, silakan kontak admin utama OJS di tempat Anda karena pada beberapa perguruan tinggi biasanya registrasi Crossref hanya dilakukan untuk 1 username dan digunakan bareng-bareng untuk banyak jurnal.
  6. Klik pada tab Submission – Upload.
  7. Arahkan Filename pada file XML yang telah kita ekspor.
  8. Pilih Type metadata.
  9. Klik tombol upload.

doi-submit-page

Sukses tidaknya proses submit XML yang kita lakukan akan diberitahukan melalui email yang kita isikan pada kolom Depositor Email pada laman Crossref Export/Registration Plugin tadi. Jika ada kesalahan silakan dibaca keterangan salahnya untuk kemudian dibenahi, dan jika sudah sukses maka selamat. Anda bisa cek lagi artikel jurnal yang DOI-nya error tadi, dan klik nomor DOI-nya. Seharusnya sudah mengarah ke laman artikel yang benar.

Semoga bermanfaat.

* Artikel ini bisa didownload dalam bentuk PDF pada link berikut: Download.

(11 Posts)

4 thoughts on “Cara Memperbaiki Error DOI Pada Open Journal System

  1. Put Mega Putra

    Terima kasih banyak atas petunjuknya. Kalau bisa tolong dibuatkan tutorial untuk strategi Indeksasi di Pengindeks internasional Bereputasi (Google Scholar, EBSCO, DOAJ, SCOPUS, atau Thomson).
    Hal tersebut akan sangat membantu kami.

    Terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *