NicEdit – Paste Teks dari Ms Office Word

Salah satu plugin yang paling sering dibutuhkan pada aplikasi berbasis web adalah HTML WYSIWYG editor. Ada beberapa pilihan HTML WYSIWIG editor seperti TinyMCE dan CKEditor yang sudah banyak digunakan, tetapi untuk aplikasi berbasis web yang tidak membutuhkan text editing yang terlalu kompleks saya lebih sering menggunakan NicEdit. Alasannya NicEdit sudah sangat mencukupi untuk text editing website pada umumnya, super ringan dan cepat, mudah digunakan, serta gratis tentu saja.

Nah, kali ini saya ingin memberikan sedikit tips bagaimana mengoptimasi NicEdit agar mampu mem-filter teks yang dicopy dari Ms Office Word atau Word Editor lainnya agar tag-tag yang tidak diperlukan dari Word Editor tersebut tidak ikut tersimpan. Karena seringkali tag-tag yang terbawa dalam teks tersebut bisa merusak style css pada website kita dan membuatnya terlihat awut-awutan.

Nah, langkah pertama silakan download NicEdit dari laman berikut: http://www.nicedit.com/download.php. Untuk memudahkan modifikasi script NicEdit nantinya, saya sarankan untuk download yang versi uncompressed saja. Setelah itu replace nicEditorInstance class dengan script berikut. Untuk NicEdit versi 0.9 r25 seperti yang saya gunakan, nicEditorInstance class berada pada baris 411 – 580.

Silakan coba untuk copy paste teks dari Word Editor Anda ke laman website dengan NicEdit yang telah kita modifikasi. Anda tidak akan menemukan lagi tag-tag semisal “[if gte mso 9]><xml>” yang merupakan bawaan dari Ms Office Word pada teks html Anda.

Modifikasi NicEdit untuk filter tag Word Editor ini dibuat oleh Billy Flaherty dan saya sesuaikan untuk NicEdit versi 0.9 r25. Untuk download NicEdit yang sudah saya modifikasi tanpa Anda perlu modifikasi sendiri, silakan klik di sini. Semoga bermanfaat.

(11 Posts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *